Jumat, 13 April 2012

Alasan munculnya geng sekolah


Beberapa waktu yang lalu adanya suatu geng di sebuah sma negeri yang telah terungkap dan diusut oleh polisi karena tindak kekerasan yang dilakukan geng ini. Namun, di sekolah - sekolah lain juga muncul geng atau komunitas yang seperti ini. Kenapa hal itubisa terjadi??
Menurut saya komunitas atau geng yang muncul di sekolah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, Misalnya sekolah tempat geng itu muncul hanya mementingkan prestasi akademiknya saja, sedangkan unsur yang lain seperti emosionaldan relijinya tidak ditingkatkan. karena pada masa seperti ini kebanyakan remaja butuh aktualisasi diri.
Lalu ada juga pengaruh dari kebiasaan dari bangsa kita yang menganggap bahwa "power" adalah segalanya. Bahwa "power" bisa berkuasa, nilai - nilai seperti inilah yang ada di dalam diri setiap pelajar pada masa ini.Lalu biasanya diterapkan dalam senioritas di sekolah dimana para senior dapat mengaplikasikannya kepada para junior.
Tidak hanya itu saja, ternyata ada juga faktor yang datang dari dalam pelajar itu sendiri. Mereka merasa banggaapabila dapat bergabung dengan komunitas seperti ini setelah melalui berbagai tantangan dan ujian yang dijalani untuk bergabung dengan komunitas ini. Setelah mereka bergabung, mereka juga dapat melakukan hal yang sama kepada anak baru tahun selanjutnya. Mereka juga mengatakan bahwa ujian ini dilakukan agar merekadapat siap menghadapi dunia.
Namun, dari semua alasanitu, banyak yangmengatakan bahwa pada awalnya geng sekolah dibentuk untuk menghadapi serangan dari Sekolah Teknik Menegah (STM), lalu untuk membantu menjaga keamanan sekolah dari tawuran pelajar. Lama - kelamaan tujuan itu dikesampingkan dan malahan lebih menuju ke senioritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar